Selasa, 16 Ogos 2016

2.0 Definisi Akidah



2.0 Definisi Aqidah

Definisi Aqidah Menurut Bahasa

Kata “aqidah” diambil dari kata al-‘aqdu, yakni ikatan dan tarikan yang kuat. Ia juga berarti pemantapan, penetapan, kait-mengait, tempel-menempel, dan penguatan.
Perjanjian dan penegasan sumpah juga disebut ‘aqdu. Jual-beli pun disebut ‘aqdu, karena ada keterikatan antara penjual dan pembeli dengan ‘aqdu (transaksi) yang mengikat. Termasuk juga sebutan ‘aqdu untuk kedua ujung baju, karena kedua-duanya saling terikat antara satu sama lain. Ianya  juga termasuk sebutan ‘aqdu untuk ikatan kain sarung, karana diikat dengan  kuat dan mantap.

Definisi Aqidah Menurut Istilah Umum
Istilah “aqidah” di dalam istilah umum yang digunakan untuk menyebut keputusan fikiran  yang mantap, benar mahupun  yang salah.
Jika keputusan pikiran yang mantap itu benar, maka itulah yang disebut aqidah yang benar, seperti keyakinan umat Islam tentang ke-Esa-an Allah. Dan jika salah, maka itulah yang disebut aqidah yang batil, seperti keyakinan umat Nashrani bahwa Allah adalah salah satu dari tiga oknum tuhan (trinitas).
Istilah “aqidah” juga digunakan untuk menyebut kepercayaan yang mantap dan kuat serta  keputusan tegas yang tidak boleh ddukuasai oleh  kebimbangan. iaitu apa-apa yang dipercayai oleh seseorang, diikat kuat oleh sanubarinya, dan dijadikannya sebagai madzhab atau agama yang dianutinya, tanpa melihat benar atau tidaknya.

Aqidah Islam.
 kepercayaan yang mantap kepada Allah, para Malaikat-Nya, kitab-kitab suci-Nya, para Rasul-Nya, hari Akhir, qadar yang baik dan yang buruk, serta seluruh muatan Al-Qur’an Al-Karim dan As-Sunnah Ash-Shahihah berupa pokok-pokok agama, perintah-perintah dan berita-beritanya, serta apa saja yang disepakati oleh generasi Salafush Shalih (ijma’), dan kepatuhan sepenuhnya kepada Allah Ta’ala dalam  semua hal syariah termasuk dalam membuat keputusan hukum, perintah, takdir, maupun syara’, serta ketundukan kepada Rasulullah r dengan cara mematuhinya, menerima keputusan hukumnya dan mengikutinya.

Tiada ulasan: